0 3 min 1 mth

plashoeve.com – Lurah Manggarai Selatan, Arafat Dinsirat, ungkap sekitar 100 rumah lebih dari keseluruhan 21 RT terserang imbas kebakaran. Ia menyebutkan titik kebakaran awalnya ada di RW 6.

“Keseluruhan dari RW ada 2, RW 6 dan RW 12. Jumlah RT yang terimbas RW 6 itu 15 RT, RW 12 itu 6 RT. Jika detilnya kami tidak dapat terhubung ya (jumlah rumah yang kebakar). Jika tentunya di atas 100 rumah,” ungkapkan Arafat ke reporter di lokasi kebakaran, Selasa (13/8/2024).

Ia menyebutkan selama ini faksinya dengan semua stakeholder telah mempersiapkan sejumlah tempat evakuasi. Selama ini telah ada empat titik evakuasi yang dipersiapkan.

“Yang terang kami konsentrasi ke pengatasan sesudah peristiwa kebakaran pada masyarakat Manggarai. Lokasi evakuasi juga kita persiapkan semua di RW 7 Mushola Al Falah, selanjutnya di SD 05 RW 9, di pos RW 12, ada pula di parkir Stasiun Kereta Api Lapangan terbang,” bebernya.

Petugas pengendalian kebakaran dan keselamatan (gulkarmat) Sudin Jaksel menyebutkan masalah pemadaman yaitu susahnya akses air. Petugas menyebutkan debet air di sungai Minangkabau kecil.

“Ya memang masalahnya padat tempat tinggal, awalnya, terus solo ambon (sungai) yang di Minangkabau barusan debitnya kecil hingga kita harus masuk pada pintu air. Nach menjadi awalnya kita sumber air berada di Minangkabau dan debitnya memang kecil dan kita harus bendung agar ada embung air,” tutur perwira piket Sudin Gulkarmat Jaksel Triyanto di lokasi, Selasa (13/8/2024).

Lokasi kebakaran tepatnya di Jalan Dr Saharjo RW 06 dan RW 012, Kelurahan Manggarai. Ia menyebutkan untuk proses pemadaman di lokasi ada 35 unit mobil dengan 120 personil. Ia menerangkan tetap dilaksanakan proses pendinginan untuk menghambat titik api ada kembali.

“Jumlah keseluruhan ada 35 unit, 31 unit dari Jaksel dan 4 unit dari Jakarta Timur dalam jumlah keseluruhnya personil lebih kurang 120 orang. Untuk tingkatan saat saat ini itu dalam tingkatan pendinginan, menjadi kita belum pastikan usai keseluruhannya, menjadi masih pendinginan,” ungkapkan Tri.

Ia menjelaskan petugas mendapatkan informasi awalnya berkaitan kebakaran ini dari laporan masyarakat lewat telephone jam 02.30 WIB. Ia menyebutkan unit pertama datang di lokasi jam 02.32 WIB.

“Sampai titik api jam 02.42 WIB dan memulai bekerja 02.44 WIB. Mulai lokalisir jam 06.30 WIB . Maka 06.57 WIB kita awali tingkatan pendinginan sampai saat ini dan belum kita pastikan kapan sampai batasan waktu. Yang jelas kita akan keseluruhan sampai benar-benar usai,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *