0 3 min 1 week

plashoeve.comĀ  – Kepala Kepolisian Resort atau Kapolres Boyolali, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Muhammad Yoga Buanadipta Ilafi wafat pada Ahad malam, 6 Oktober 2024 jam 20.00 WIB. Ia wafat di Rumah Sakit Telogorejo, Semarang, Jawa tengah sesudah sebelumnya sempat dirawat karena kecelakaan lalu lintas di batas Tol Pemalang-Batang pada 1 Oktober 2024.

Kabid Humas Polda Jawa tengah Komisaris Besar Artanto menjelaskan mendiang dirawat dengan intens selesai kecelakaan itu. Tetapi, ia tidak menerangkan lebih detil hal pemicu kematiannya AKBP Muhammad Yoga. Dia menjelaskan, mayat Kapolres Boyolali itu akan disemayamkan dengan dinas kepolisian di Depok, Jawa Barat.

Dalam pada itu, Polri ikut mengucapkan duka cita atas meninggal dunianya AKBP Muhammad Yoga. “Kami semua ikut bersedih cita. Mudah-mudahan keluarga diberi keteguhan dan kemampuan,” kata Kepala Agen Pencahayaan Warga (Karopenmas) Seksi Humas Polri Brigadir Jenderal Trunoyudo Wisnu Andiko di Jakarta, Senin, 7 Oktober 2024.

Lalu, bagaimana sebetulnya figur Kapolres Boyolali AKBP Muhammad Yoga yang wafat karena kecelakaan? Berikut ringkasan informasi secara lengkap.

Profile AKBP Muhammad Yoga
Muhammad Yoga Buanadipta Ilafi ialah perwira polisi dengan pangkat Ajun Komisaris Besar Polisi atau AKBP. Ia memegang sebagai Kapolres Boyolali, Jawa tengah, dan baru menempati kedudukan itu pada Juli 2024. Ia gantikan AKBP Petrus Parningotan Silalahi yang diberikan tugas sebagai Kapolres Sragen, Jawa tengah.

Yoga terlahir di Surakarta, Jawa tengah, tetapi tumbuh di Medan, Sumatera Utara. Ia menikah dengan Novi Yoga dan dianugerahi 3 orang anak dari pernikahannya.

AKBP Yoga melalui profesinya dengan masuk ke dalam Sekolah tinggi Kepolisian (Akpol). Ia juga lulus dari sekolah tinggi pada 2003 dari Gagalyon Tantya Sudhirajati. Sesudah lulus dari Akpol, Yoga lantas meneruskan pendidikannya di program pascasarjana Sekolah Tinggi Pengetahuan Kepolisian (STIK) Jakarta.

Saat sebelum memegang sebagai Kapolres Boyolali, Yoga sebelumnya pernah bekerja sebagai penyidik Komisi Pembasmian Korupsi (KPK) sepanjang 6 tahun. Ia sempat juga menempati beberapa posisi vital di kepolisian.

Yoga terdaftar sebagai Kasat Reskrim di Polres Barelang, Batam, Kepulauan Riau. Ia sempat juga jadi Kasat Reskrim di Polres Karimun dan Kasat Polair di Polres Karimun, Kepulauan Riau.

Urutan Kecelakaan
AKBP Yoga dipastikan wafat pada Ahad malam, 6 Oktober 2024. Awalnya, ia sebelumnya sempat memperoleh perawatan intens di Rumah Sakit Telogorejo, Semarang, Jawa tengah selesai terturut dalam kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan itu terjadi di batas jalan tol Pemalang-Batang KM 346+800, pada Selasa pagi hari, 1 Oktober 2024.

Kejadian itu terjadi saat mobil yang ditumpangi Yoga diperjalanan ke Jakarta. Kecelakaan itu mengikutsertakan mobil Toyota Fortuner warna hitam dengan nomor polisi B 1981 MY yang dinaiki Kapolres Boyolali itu bersama pengemudi dan pengawalnya, dengan truk Hino bernomor polisi H 9086 BV.

Atas peristiwa kecelakaan itu, pengemudi dan pengawal Kapolres yang adalah anggota Polres Boyolali wafat di lokasi. Kecelakaan terjadi sekitaran jam 01.25 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *