0 3 min 4 weeks

plashoeve.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat beberapa menteri dan wakil menteri baru di Cabinet Indonesia Maju dalam tersisa saat kedudukan masa tahun 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (19/8).

Selainnya barisan menteri dan wakilnya, Jokowi mengusung beberapa kepala instansi baru, termasuk instansi yang baru dibuat yakni Tubuh Nutrisi Nasional.

Berikut daftar menteri, wakil menteri dan kepala instansi yang dikukuhkan Jokowi ini hari:

1. Menkumham Supratman Andi Agtas
Jokowi sah mengangkat Supratman Andi Agtas jadi Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) gantikan Yasonna Laoly di Istana Negara Jakarta, Senin (19/8).

Pria kelahiran Soppeng, 28 September 1969 itu adalah politisi Partai Gerindra. Supratman memegang sebagai anggota DPR masa 2019-2024.

Supratman baru diganti oleh Wihadi Wiyanto, mitranya sama-sama Partai Gerindra dari posisi Ketua Tubuh Legislasi (Baleg) DPR pada 6 Agustus kemarin.

2. Menteri Investasi/BKPM Rosan Roeslani
Rosan Roeslani sah dikukuhkan Jokowi sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM baru, gantikan posisi Bahlil Lahadalia.

Rosan adalah Ketua Team Kampanye Nasional Prabowo-Gibran pada Pemilihan presiden 2024 kemarin. Dia sebelumnya pernah memegang sebagai Wakil Menteri BUMN.

3. Menteri ESDM Bahlil Lahadalia
Jokowi sah mengangkat Bahlil Lahadalia sebagai Menteri ESDM baru di Cabinet Indonesia Maju. Bahlil yang pernah memegang sebagai Menteri Investasi, sekarang isi posisi itu gantikan posisi Bijakin Tasrif.

Bahlil dikukuhkan berdasar Keputusan Presiden Nomor 92/P Tahun 2024 mengenai Penghentian dan Pengangkatan Menteri Negara Cabinet Indonesia Maju masa 2019-2024.

4. Wamenkominfo Angga Raka Prabowo
Angga Raka Prabowo dipilih jadi Wamenkominfo. Angga Raka jadi Wamenkominfo ke-2 , sedangkan yang pertama ialah Nezar Patria yang dikukuhkan pada tengah Juli 2023.

Wamenkominfo adalah kedudukan baru yang dibuat Jokowi lewat Ketentuan Presiden (Perpres) Nomor 22 Tahun 2023 mengenai Kementerian Komunikasi dan Informatika yang diberi tanda tangan pada 17 April 2023.

5. Kepala BPOM Taruna Ikrar
Presiden Jokowi sah mengangkat Taruna Ikrar sebagai Kepala Tubuh Pemantauan Obat dan Makanan (BPOM) pada Senin (18/8). Pengukuhan ini berdasar Keppres Nomor 115/TPA Tahun 2024.

Taruna Ikrar dikukuhkan gantikan posisi Kepala BPOM yang sebelumnya dijabat Rizka Andalusia. Taruna Ikrar adalah dokter dan periset di bagian farmasi, jantung, dan syaraf.

6. Kepala Tubuh Nutrisi Nasional Dadan Hindayana
Dadan jadi kepala Tubuh Nutrisi pertama sesudah instansi baru ini dibuat Jokowi beberapa lalu. Pengukuhan ini berdasar Keppres Nomor 115/TPA Tahun 2024. Dadan adalah dosen di Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor atau IPB.

7. Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi
Jokowi sah menunjuk Hasan Nasbi sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan sekalian jubir presiden ini hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *