• June 12, 2024

UMKM Disuruh Kantongi Nomor Induk Berusaha, Apa Untungnya?

UMKM Disuruh Kantongi Nomor Induk Berusaha, Apa Untungnya?

MGO303, Jakarta Kementerian Koperasi dan UKM minta supaya UMKM dapat melengkapi upayanya bernomor induk berusaha (NIB). Beberapa faedah disebut dapat dicicipi UMKM bila kantongi NIB.

Pendamping Deputi Sektor Pelindungan dan Keringanan Usaha Micro Kemenkop UKM Muhammad Firdaus menjelaskan sejumlah faedah salah satunya stimulan usaha. Selanjutnya, dapat terlindung secara hukum dan bisa terhubung sumber pendanaan resmi.

Ia memandang, walau masih juga dalam rasio micro seharusnya UMKM mempunyai NIB. Hingga kini beberapa UMKM di tanah air tetap memiliki pendapat hal pemberian izin cuma dibutuhkan oleh usaha yang telah bergerak di jumlah besar saja.

“Ada banyak yang berpikiran jika mengurusi ijin usaha itu hal yang sulit dan memerlukan waktu lama. Walau sebenarnya, sekarang ini aktor usaha bisa secara gampang memperoleh NIB,” ungkapkan ia dalam penjelasannya, Senin (11/12/2023).

Pembikinan NIB

Firdaus menerangkan sama sesuai instruksi dari turunan Ketentuan Alternatif Undang-Undang Cipta Kerja, pembikinan NIB ini tidak dikenai ongkos. Selain itu, pembikinan NIB bisa dilaksanakan dengan cepat dan mudah.

“Ada rumor memang di kelompok masyarakat yang mengatakan bila NIB ini berbayar, walau sebenarnya ini gratis. Karena itu, untuk meng-counter itu kita ada sukarelawan Garda Transfumi yang hendak menerangkan dan menemani UMKM untuk mendidik bila program ini gratis,” sebut Firdaus.

Triknya, aktor usaha cuma perlu waktu 5-10 menit melalui OSS dengan terhubung halaman oss.go.id atau lewat program OSS Indonesia yang bisa didownload lewat smartphone, dengan masukan data diri, e-mail aktif, dan nomor whatsapp aktif.

Kemudian, aktor usaha tinggal log in, lantas isi keperluan NIB. Jika yang khusus micro kecil hanya tinggal pilih UMK. “Keadaan ini sangat berbeda jauh dibanding sekian tahun awalnya yang perlu waktu 2 sampai tiga hari,” tutur Firdaus.

Urus Sertifikat Halal-SNI

Sesudah NIB-nya keluar, untuk produk minuman dan makanan dapat segera mengurusi sertifikasi yang lain. Seperti pengajuan halal, SNI Bina UMK, atau Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT).

“Kelak tinggal disertakan pemenuhan loyalitas agar dapat melegalkan SPP-IRT itu, komitmennya berbentuk keamanan pangan untuk Dinkes daerah mana saja,” kata Firdaus.

Tidak itu saja, kata Firdaus, dengan mempunyai ijin, aktor usaha bisa juga mendapat pengiringan usaha dari pemerintahan.

Keringanan Ijin

Awalnya, Buat makin mengalami MGO777 perkembangan dan memiliki daya saing, beberapa aktor UMKM terutama yang fokus pada wastra saat ini sedang disokong untuk makin terus-menerus berperan untuk ekonomi.

Searah dengan itu, Pemerintahan terus berusaha memberi support sebagai bentuk keterpihakan pada perkembangan UMKM, satu diantaranya dengan memudahkan ijin usaha. Direktorat Informasi dan Komunikasi Ekonomi dan Maritim (IKPM), Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Public (IKP), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mensosialisasikan hal itu melalui Komunitas Digitalk bertopik: “Ijin Usaha Lancar, UMKM Wastra Memiliki daya Saing” di Novotel Hotel, Sumatra Selatan.

Ketua Sektor Promo dan Humas Dekranas, Dina Budi Arie, yang diwakilkan oleh Direktur IKPM Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary, menerangkan jika Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) bekerja sama dengan Kominfo untuk memberikan support ke beberapa UMKM wastra di beberapa wilayah buat terus berkreasi dan bereksperimen.

“Dengan wastra Indonesia seperti tenun, songket, batik, kita dapat menyaksikan beberapa karya anak negeri. menyaksikan jika wanita memiliki peran penting pada peningkatan ekonomi warga, yang beberapa adalah aktor UMKM,” katanya d ikutip Sabtu (9/12/2023).

Nilai Export Wastra

Wastra disebutkan Septriana adalah salah satunya peninggalan budaya MGO777 yang bisa diperkembangkan oleh UMKM dan wanita. Mencuplik data dari Kementerian Perindustrian tahun 2023, nilai export batik ditarget capai 100 juta dollar dan bisa terus tumbuh bersamaan secara terbukanya akses digital.

Anggota Sektor Promo dan Humas Dekranas, Sally Giovanny, kesempatan kali ini ikut membagi kisah hidupnya sepanjang 18 tahun sebagai salah satunya aktor UMKM wastra di Indonesia. Sally menyebutkan jika sekarang ini, penting untuk aktor usaha untuk turut masuk ke ranah online. Ditambah saat bergelut dengan usaha wastra, karena mempunyai nilai lebih tertentu

“Berita baiknya, pemerintahan benar-benar memberikan dukungan usaha wastra. Karena umkm punyai nilai lebih saat menjalankan bisnis wastra, sebab ada nilai budaya di sana yang hendak disokong pemerintahan,” tutur Sally.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *