• April 16, 2024
Sidang Pertama Tuntutan Orang Tua Brigadir J ke Ferdy Sambo dkk Diundur Jakarta, Plashoeve.com -- Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan tunda sidang pertama tuntutan yang disodorkan orangtua mendiang Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Samuel Hutabarat dan Rosti Simanjuntak.

Sidang Pertama Tuntutan Orang Tua Brigadir J ke Ferdy Sambo dkk Diundur

Sidang Pertama Tuntutan Orang Tua Brigadir J ke Ferdy Sambo dkk Diundur

Jakarta, Plashoeve.com — Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan tunda sidang pertama tuntutan yang disodorkan orangtua mendiang Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Samuel Hutabarat dan Rosti Simanjuntak. Karena, beberapa faksi tergugat tidak datang.

Faksi tergugat Belo4D dalam kasus ini yakni bekas Kepala Seksi Propam Polri Ferdy Sambo; istri Sambo, Putri Candrawathi; Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E; Ricky Rizal Wibowo (Bripka RR); Kuat Ma’ruf; dan Kapolri. Presiden RI dan Menteri Keuangan jadi faksi ikut tergugat dalam tuntutan itu.

“Tergugat tidak ada yang datang tapi panggilannya dapat disebutkan 90 % itu resmi dan pantas,” tutur kuasa hukum orangtua Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak, di PN Jakarta Selatan, Selasa (27/2).

Menurut Kamaruddin, panggilan ke beberapa tergugat termasuk Bharada E sudah dikirimkan dengan pantas. Tetapi, katanya, Bharada E sudah berpindah rumah.

“Terkecuali Bharada Richard Eliezer telah berpindah, diselinapkan alamatnya, karena itu menurut kami alamat paling akhir ialah di sana dan (tergugat) yang lain ialah resmi dan pantas,” katanya.

Hakim Tunda Sidang Sepanjang 3 minggu dan Akan diadakan Pada 19 Maret 2024.

Tuntutan Samuel dan belo4d Rosti tercatat bernomor kasus: 167/Pdt.G/2024/PN JKT.SEL. Mekanisme Informasi Pencarian Kasus (SIPP) PN Jakarta Selatan tidak tampilkan petitum permintaan.

“Nilai perselisihan Rp7.583.202.000,00,” begitu dikutip situs SIPP PN Jakarta Selatan, Kamis (15/2).

Ferdy Sambo dkk bisa dibuktikan lakukan pembunuhan merencanakan pada Yosua. Berdasar keputusan Mahkamah Agung (MA), Sambo dijatuhi vonis pidana sepanjang umur. Dia bisa lolos dari pidana mati.

Dalam pada itu, hukuman Putri Candrawathi dipotong dari 20 tahun penjara jadi sepuluh tahun, Ricky Rizal dari 13 tahun jadi delapan tahun, dan Kuat Ma’ruf dari 15 tahun jadi sepuluh tahun.

Selanjutnya, Richard Eliezer dijatuhi hukuman 1,lima tahun penjara oleh majelis hakim PN Jakarta Selatan. Richard sudah memperoleh cuti bersyarat per Jumat, 4 Agustus 2023. Status Richard berbeda dari terpidana jadi client pemasyarakatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *