• June 13, 2024
Hindari Tindakan Goreng Saham, Prabowo-Gibran Usulkan Bentuk Intelijen Pasar Modal Plashoeve, JAKARTA - Pasangan Calon presiden dan Calon wakil presiden Prabowo-Gibran merencanakan akan tingkatkan peranan intelijen dari regulator di pasar modal. Masalahnya sekarang ini banyak terjadi kasus di pasar modal yang mempunyai potensi bikin rugi investor, satu diantaranya yaitu tindakan menggoreng saham.

Hindari Tindakan Goreng Saham, Prabowo-Gibran Usulkan Bentuk Intelijen Pasar Modal

Hindari Tindakan Goreng Saham, Prabowo-Gibran Usulkan Bentuk Intelijen Pasar Modal

Plashoeve, JAKARTA – Pasangan Calon presiden dan Calon wakil presiden Prabowo-Gibran merencanakan akan tingkatkan peranan intelijen dari regulator di pasar modal. Masalahnya sekarang ini banyak terjadi kasus di pasar modal yang mempunyai potensi bikin rugi investor, satu diantaranya yaitu tindakan menggoreng saham.

Team Ekonomi Prabowo-Gibran, Drajad Wibowo menjelaskan, memerlukan pengokohan peranan intelijen pasar modal yang penting ditegaskan dalam peta jalan Kewenangan Jasa Keuangan (OJK).

“Di OJK itu ada peranan intelijen, untuk mengeruk informasi dari waktu ngopi-ngopi atau mengobrol dengan emiten atau beberapa bank tertentu. Nach, dari informasi itu akan kedapatan bila ada beberapa hal yang kurang lebih akan beresiko untuk investor,” tutur Drajad dalam Diskusi Arah Peraturan Investasi dan Pasar Modal 2024-2029, Senin, (8/1/2024).

Nanti, salah satunya peranan intelijen di pasar modal itu untuk menghambat tindakan goreng saham yang hendak memunculkan rugi untuk beberapa investor saham.

“Iya, termasuk tindakan goreng saham. Karena itu termasuk penyakit cholesterol di pasar modal,” katanya.

Selanjutnya ia menerangkan, peranan intelijen yang diartikan bukan sama seperti yang dilaksanakan oleh BIN, Intelkampolri, atau KPK, tetapi peranan intelijen dalam ranah ekonomi sama sesuai wewenang OJK yang menurut dia masih kurang kuat.

Drajad yang sebelumnya sempat memegang sebagai Ketua Dewan Informasi Vital dan Peraturan Tubuh Intelijen Negara (DISK BIN) masa 2014-2015 menjelaskan, dianya sebelumnya pernah memberi training intelijen di pasar modal untuk beberapa regulator seperti OJK atau Bank Indonesia (BI).

“Waktu saya di BIN, itu kami sebelumnya pernah mengulas untuk bagaimana latih beberapa teman di OJK atau di BI, dengan beberapa fungsi intelijen yang dapat mereka kerjakan dalam wewenang mereka, tanpa langkahi, masuk ke dalam daerah wewenang tubuh-badan atau lembaga-lembaga intelijen,” ucapnya.

Ia juga memberikan contoh di negara maju ada peranan regulator pasar modal yang berperanan dalam pelindungan investor. Contohnya, di Amerika Serikat ada Securities and Exchange Commission (SEC) dan Consumer Financial Protection Bureau (CFPB).

Sementara di Indonesia, sebenarnya juga ada peranan penyidik OJK yang berkuasa memblok rekening pada bank atau instansi keuangan lain dari tiap orang yang diperhitungkan lakukan atau terturut dalam tindak pidana di bidang jasa keuangan sebelum serta saat tahapan penyelidikan.

Tetapi menurut dia, memerlukan peranan intelijen di pasar modal sebagai usaha protektif supaya tidak ada beberapa kasus atau pelanggaran pidana di pasar modal, saat sebelum ke tahapan penyelidikan OJK.

“Jika penyidik OJK itu kan sesudah ada laporan atau kasus, baru dilaksanakan penyelidikan. Itu bagus dan harus terus digerakkan. Tetapi, ini ialah peran-peran sebelumnya ada penyelidikan . Maka intelijen itu semakin lebih ke penyidikan,” ujarnya.

Sebagai informasi, berdasar info OJK, sepanjang 2023 OJK sudah kenakan ancaman administratif atas pemeriksaan kasus di pasar modal ke 110 faksi yang terbagi dalam ancaman administratif berbentuk denda sejumlah Rp65.70 miliar, 9 pencabutan ijin, 1 pembekuan ijin, 49 perintah tercatat, dan 23 peringatan tercatat.

Disamping itu, OJK kenakan ancaman administratif berbentuk denda atas ketertinggalan dengan nilai sejumlah Rp15,74 miliar ke 350 aktor jasa keuangan di pasar modal dan 5 peringatan tercatat atas ketertinggalan pengutaraan laporan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *