• June 13, 2024
Fakta-Fakta Pelaku Polisi Dibebastugaskan dan Dicheck Propam Berkaitan Penangkapan Saipul Jamil Plashoeve.com, Jakarta - Video penangkapan aktris Saipul Jamil diperhitungkan berkaitan kasus narkoba disoroti warga. Karena, ada sangkaan pelanggaran SOP yang sudah dilakukan pelaku anggota polisi saat tangkap vokalis dangdut itu.

Fakta-Fakta Pelaku Polisi Dibebastugaskan dan Dicheck Propam Berkaitan Penangkapan Saipul Jamil

Fakta-Fakta Pelaku Polisi Dibebastugaskan dan Dicheck Propam Berkaitan Penangkapan Saipul Jamil

Plashoeve.com, Jakarta – Video penangkapan aktris Saipul Jamil diperhitungkan berkaitan kasus narkoba disoroti warga. Karena, ada sangkaan pelanggaran SOP yang sudah dilakukan pelaku anggota polisi saat tangkap vokalis dangdut itu.

Di video, kelihatan beberapa pelaku polisi mendobrak-gedor kaca mobil Saipul Jamil. Bahkan juga, seorang salah satunya memukul pendamping Saipul Jamil dan berbicara kasar. Kejadian penangkapan itu terjadi di lajur TransJakarta Jelambar, Jakarta Barat, pada Jumat 5 Januari 2024 kemarin.

Seksi Propam Polres Metro Jakarta Barat selanjutnya mengecek beberapa pelaku polisi yang diperhitungkan terturut dalam penangkapan Saipul Jamil.

Kapolsek Tambora, Donny Harvida benarkan ada pemeriksaan yang sudah dilakukan oleh Seksi Propam Polres Metro Jakarta Barat pada anggotanya itu.

“Sedang dalam penyidikan yang sudah dilakukan oleh Polres Metro Jakarta Barat dan tentu saja dari Seksi Propam Polres Metro Jakbar,” kata Donny saat dikontak di Jakarta pada Selasa 9 Januari 2024 dikutip dari Di antara.

Berkenaan tanda-tanda ada keterkaitan masyarakat sipil dalam penangkapan Saipul Jamil dan pendampingnya itu, Donny memberikannya ke proses penyidikan.

“Sedang pada proses penyidikan, kelak jika sudah tersingkap, jelas sudah, telah ada titik jelas, pasti dikatakan,” kata Donny.

Terakhir, polisi melepaskan pelantun dangdut Saipul Jamil selesai tidak bisa dibuktikan memakai narkoba. Polisi cuma tangkap pendampingnya S alias Steven dan R sebagai pengedar narkoba.

“Pada saudara SJ (Saipul Jamil) karena hasilnya negatif narkoba kelak kita akan balikkan ke keluarganya,” kata Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Syahduddi saat temu jurnalis, di Mapolsek Tambora, Jakarta Barat, Sabtu (6/1/2023).

Berikut beberapa fakta berkaitan pelaku anggota polisi dibebastugaskan dan dicheck Propam berkaitan penangkapan Saipul Jamil.

Diperhitungkan Ada Pelanggaran SOP dalam Penangkapan Saipul Jamil

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes M Syahduddi menyebutkan, ada tanda-tanda pelanggaran proses dalam perlakuan beberapa pelaku anggotanya saat tangkap Saipul Jamil.

Karenanya, Polres Metro Jakarta Barat (Jakbar) akan memberi hukuman ke tiap personil yang bisa dibuktikan menyalahi.

Syahduddi jamin, pemeriksaan oleh Propam pada personil yang terturut dalam penangkapan itu jalan dengan obyektif.

Pelaku Polisi Dibebastugaskan

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes M Syahduddi menjelaskan jika personil Unit Narkoba Polsek Tambora yang terturut dalam penangkapan itu sudah dibebastugaskan sebagai penyidik sepanjang pemeriksaan oleh Propam Polres Jakarta Barat.

“(Tujuannya) Untuk jamin objecttivitas dan menghindar dari perselisihan kebutuhan,” kata Syahduddi dikutip dari Di antara, Kamis (11/1/2024).

Syahduddi menghargai, usaha Polsek Tambora saat lakukan penegakan hukum. Tetapi, ia memperjelas akan memberi hukuman yang sama sesuai untuk personil yang bisa dibuktikan menyalahi proses penangkapan.

“Di satu segi kita menghargai usaha anggota Unit Narkoba Polsek Tambora saat memberantas narkoba di daerahnya,” tutur Syahduddi.

Polisi Disuruh Disiplin SOP

Pemerhati Kepolisian dari Institute for Security and Taktikc Studies (ISESS), Bambang Rukminto menjelaskan, Polri harus lakukan penegakan ketentuan intern secara stabil dan tegas jika ingin membuat budaya kepolisian yang bermoral dan humanis.

“Jika serius membuat budaya kepolisian yang bermoral dan humanis, penegakan ketentuan intern harus stabil dan tegas dilaksanakan,” kata Bambang dikutip dari Di antara, Kamis (11/1/2024).

Ini dikatakan Bambang berkaitan penangkapan aktris Saipul Jamil oleh pelaku anggota Unit Narkoba Polsek Tambora, Polres Metro Jakarta Barat yang memetik perselisihan karena diperhitungkan menyalahi SOP.

Bambang menjelaskan, pekerjaan dasar dan peranan (tupoksi) kepolisian ialah membuat perlindungan, menaungi dan layani warga. Hingga penegakan hukum itu cuma alat membuat perlindungan warga.

Dalam kerangka penangkapan seorang yang diperhitungkan lakukan pelanggaran hukum, lanjut Bambang, intisari sebuah penangkapan ialah “amankan” seorang dalam usaha penyidikan sebuah pelanggaran hukum, bukan memberi hukuman seorang.

Oleh karena itu, katanya, penangkapan harus disiplin SOP, dan masih tetap lebih memprioritaskan azas praduga tidak bersalah. Sebagai aparatur negara, polisi professional pasti mempunyai ketentuan lebih memprioritaskan servis masyarakat dengan beberapa cara terarah dan humanis.

“Tidak dengan beberapa cara kasar lewat kekerasan seperti preman jalanan,” kata Bambang menjelaskan.

Selanjutnya Bambang menerangkan, saat lakukan penangkapan, personil kepolisian harus memperlihatkan jati dirinya dengan cara resmi, dengan santun dan sampaikan hak-hak tersangka aktor pelanggaran hukum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *