• June 12, 2024

Diet Rendah Purin, Skema Makan Sehat untuk Pasien Asam Urat

Diet Rendah Purin, Skema Makan Sehat untuk Pasien Asam Urat

Purin dibuat dengan alami oleh badan atau dapat diperoleh dari mengonsumsi makanan tinggi purin. Bila banyaknya cukup pada tubuh, purin berperanan untuk atur perkembangan sel dan hasilkan energi.

Tetapi, jika banyaknya terlalu berlebih, purin dapat tingkatkan kandungan asam urat pada darah yang bisa memacu pembangunan kristal asam urat pada sendi atau ginjal. Pada akhirannya, keadaan ini bisa mengakibatkan radang persendian atau batu ginjal.

Buat menghambat keluh kesah karena asam urat tinggi pada darah, pasien asam urat perlu atur konsumsi purin dengan lakukan diet rendah purin.

Panduan Diet Rendah Purin

Sesuai namanya, saat jalani diet rendah purin, Anda disarankan untuk kurangi mengonsumsi makanan tinggi purin, seperti dalaman sapi, daging merah, sarden, dan beragam tipe makanan laut. Berikut ialah beberapa langkahnya:

1. Penuhi konsumsi cairan badan

Saat jalani diet rendah purin, Sebaiknya anda memenuhi keperluan cairan dengan minum minimum 1,5-2 liter air putih sehari-harinya. Masalahnya minum air putih bisa menolong badan keluarkan zat asam urat berlebihan lewat urine hingga menghambat pembangunan kristal asam urat.

Baca Juga : 5 Faedah Kulit Bawang untuk Kesehatan yang Jarang-jarang Dijumpai

2. Konsumsi sayur dan buah

Tidak itu saja, konsumsi beragam tipe sayur dan buah-buahan fresh bisa dilaksanakan saat jalani diet rendah purin. Ini karena sayur bisa memberi faedah untuk badan keseluruhannya, termasuk mengatur kandungan asam urat pada tubuh.

Tidak itu saja, beberapa buah yang banyak vitamin C baik dimakan saat jalani diet rendah purin. Vitamin C mempunyai karakter anti-oksidan yang bisa menurunkan infeksi pada asam urat.

Tetapi, Anda perlu tetap batasi konsumsi beberapa macam sayur hijau, seperti asparagus, kol, bayam, jamur, dan kacang hijau, sebab bisa tingkatkan kandungan purin pada tubuh.

3. Jauhi minuman mengandung alkohol

Menghindar dari mengonsumsi minuman berakohol perlu dikerjakan sepanjang Anda jalani diet rendah purin. Ini karena minuman mengandung alkohol, khususnya bir, bisa tingkatkan dampak negatif berlangsungnya asam urat sampai 6,5%.

4. Jauhi konsumsi makanan kaleng dan makanan siap sajian

Makanan kaleng atau makanan siap sajian, seperti daging asap dan ikan sarden paket, memiliki kandungan purin yang lebih tinggi. Karena itu, jauhi konsumsi makanan itu saat Anda sedang jalani diet rendah purin.

Bukannya konsumsi makanan kaleng dan makanan siap sajian, Anda dapat konsumsi daging ayam fresh dan diolah sampai masak. Walau demikian, bataskan konsumsi sehari-hari, ya. Masalahnya makanan ini memiliki kandungan purin, tapi tidak dengan tinggi makanan kaleng dan makanan siap sajian.

5. Konsumsi susu rendah lemak

Panduan diet rendah purin setelah itu konsumsi susu rendah lemak atau produk buatannya, seperti yoghurt. Ini karena kandungan protein dalam susu dapat menolong pengeluaran asam urat lewat urine.

6. Bataskan pemakaian sauce siap gunakan

Waktu mengolah sajian untuk diet rendah purin, Anda disarankan batasi pemakaian sauce siap gunakan karena didalamnya memiliki kandungan purin yang lebih tinggi hingga tingkatkan dampak negatif kambuhnya penyakit asam urat.

7. Bataskan mengonsumsi makanan tinggi gula

Beberapa riset memperlihatkan jika konsumsi gula berlebihan seharusnya terbatasi jika Anda jalani diet rendah purin. Ini karena minuman dan makanan manis condong memiliki kandungan zat purin tinggi yang bisa tingkatkan kandungan asam urat dan endapan kristal asam urat di ginjal atau sendi.

Disamping itu, saat jalani diet rendah purin, Anda pun disarankan untuk konsumsi beragam makanan yang bergizi, seperti roti gandum, nasi merah, kacang-kacangan, dan minyak sehat.

Jika Anda alami asam urat tinggi dan telah jalani diet rendah purin dan penyembuhan dari dokter tapi tanda-tandanya kerap kumat atau mungkin tidak lenyap, diskusi lagi ke dokter untuk mendapatkan pengatasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *