• April 14, 2024

Arist Merdeka Sirait, Perlindungan Hak Anak yang Wafat Dalam Damai

Arist Merdeka Sirait, Perlindungan Hak Anak yang Wafat Dalam Damai

KOMUNITAS SERVER GACOR – Ketua Komisi Nasional Pelindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait wafat pada Sabtu (26/8) pagi.
Arist wafat sesudah dirawat di Rumah Sakit Polri Kramat Jati semenjak Senin (21/8) karena sakit yang dialaminya.

Team dokter Rumah Sakit Polri sendiri tetap lakukan pengamatan berkaitan penyakit yang dialami Arist, sampai mengakibatkan aktivis itu mengembuskan napas terakhir kalinya.

Arist dikenali sebagai aktivis yang selalu perjuangkan hak dan pelindungan untuk beberapa anak yang tidak mendapat keadilan. Aksinya di Komnas PA lumayan lama, ia dipilih jadi ketua instansi itu semenjak 2010 kemarin.

Arist terlahir di Pematang Siantar pada 17 Agustus 1960 kemarin. Pengabdian Arist untuk beberapa anak kemungkinan diawali dari ayahnya yang perduli pada hak-hak anak terlantar.

Saat tetap kecil, Arist ada di daerah halamannya dengan keluarga besar di wilayah perkebunan Pematang Siantar, Sumatera Utara. Di situ banyak anak yang bekerja sebagai pekerja kasar.

Saat itu, ayah Arist yang profesinya sebagai penjahit membuat sekolah gratis untuk beberapa anak yang bekerja di perkebunan. Dari sini aksi Arist sebagai perlindungan hak anak diawali.

Sesudah dewasa, dia gabung dengan beberapa organisasi pelindungan. Sampai pada akhirnya ia bersama Seto Mulyadi membuat Komnas PA.

Saat sebelum memegang sebagai Ketua Komnas PA, ia lebih dulu memegang sebagai Sekjen Komnas PA semenjak 1998 menemani Seto Mulyadi.

Nama Arist di Komnas PA semakin dikenali saat kasus vaksin palsu muncul medio 2016 kemarin. Saat itu, ia adalah figur yang terus-menerus bergerak dan minta pertanggungjawaban tiap faksi yang terturut.

Aksinya sebagai aktivis tidak cuma berusaha sebagai perlindungan beberapa anak terlantar.

Arist aktif perjuangkan hak-hak pekerja. Bahkan juga sekitaran tahun 1980-an ia sebelumnya pernah membangun yayasan pelindungan untuk beberapa pekerja yang tidak mendapatkan keadilan.

Nyaris sepanjang hidupnya ia pengabdiankan membuat perlindungan beberapa anak dari beragam jenis background. Ia sempat memberi pelindungan ke anak A, pacar Mario Dandy yang terturut kekerasan.

Masalah paling akhir yang dijaga Arist ialah kasus bayi terganti di wilayah Bogor. Arist juga wafat dalam damai sesudah kasus itu menjumpai titik jelas lewat test DNA.

Kunjungi KOMUNITAS SERVER GACOR cuma modal 10rb sudah bisa depo, WD minimal jga sangat kecil bisa sampai 25rb.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *