• April 14, 2024
7 Kelebihan Puasa di Bulan Ramadan Jakarta, Plashoeve.com - Kaum muslim bulan ini mempunyai kewajiban berpuasa sepanjang sebulan penuh. Puasa Ramadhan adalah beribadah yang banyak memiliki kelebihan.

7 Kelebihan Puasa di Bulan Ramadan

7 Kelebihan Puasa di Bulan Ramadan

Jakarta, Plashoeve.com – Kaum muslim bulan ini mempunyai kewajiban berpuasa sepanjang sebulan penuh. Puasa Ramadhan adalah beribadah yang banyak memiliki kelebihan. Ramadan ialah bulan penuh karunia, di mana semua amal beribadah yang sudah dilakukan umat Islam dilipatgandakan pahalanya.

mgo55: Di bulan ini, semua kaum muslim wajib berpuasa dari keluar fajar sampai terbenamnya matahari sepanjang satu bulan penuh.

Perintah berpuasa pada bulan Ramadan ini segera Allah SWT terangkan dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 183 yang mengeluarkan bunyi:

“Wahai beberapa orang yang memiliki iman, diharuskan atasmu berpuasa seperti diharuskan atas beberapa orang sebelummu supaya kamu bertakwa”. (QS. al-Baqarah, 2:183).

Puasa sendiri maknanya meredam lapar, haus, dan nafsu yang menggagalkan dari keluar fajar sampai matahari tenggelam.

Sebagai informasi, puasa Ramadan mempunyai banyak kelebihan untuk yang menjalankannya, salah satunya seperti berikut:

1. Penuh karunia

Mencuplik NU Online, di bulan Ramadan pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan juga dibelenggu. Di bulan Ramadhan terdapat satu malam yang nilainya lebih bagus dari seribu bulan.

Rasulullah SAW bersabda yang maknanya:

“Sudah tiba bulan Ramadhan, bulan penuh karunia, karena itu Allah mengharuskan kalian untuk berpuasa di bulan tersebut. Waktu itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, beberapa setan diikat dan di bulan itu juga terdapat satu malam yang nilainya lebih bagus dari seribu bulan (HR Ahmad).

2. Sebagai penebus dosa

Kelebihan puasa Ramadhan selanjutnya yakni sebagai penebus dosa sampai hadirnya bulan Ramadan selanjutnya. Ini diterangkan Rasulullah SAW pada sebuah hadis yang maknanya:

Jarak di antara sholat 5 waktu, sholat Jumat dengan Jumat selanjutnya dan puasa Ramadan dengan Ramadan selanjutnya adalah penebus dosa-dosa yang terdapat salah satunya, jika tidak lakukan dosa besar (HR Muslim).

3. Doa orang berpuasa mustajab

Orang yang berpuasa pada bulan Ramadan pasti akan diwujudkan doanya oleh Allah SWT. Pada sebuah hadis, Rasulullah SAW menerangkan tiga jenis doa yang mustajab, yakni doa orang yang puasa, doa musafir, dan doa orang yang tersiksa.

4. Memberikan syafaat pada hari kiamat

Puasa dan ayat Al-Qur’an yang dibaca saat malam Ramadan akan memberikan syafaat pada hari kiamat ke orang yang melakukannya. Rasulullah SAW bersabda:

Maknanya: Puasa dan Al-Qur’an akan memberi syafaat seorang hamba di hari kiamat. Puasa berbicara: “Ya Rabbi, saya menghambatnya dari minum dan makan pada siang hari” Al-Qur’ an berbicara: “Saya menghambatnya dari tidur pada malam hari, karena itu kami minta syafaat untuk dia.” Beliau bersabda: “Karena itu ke-2 nya diperbolehkan memberikan syafaat (HR Ahmad).

5. Malam seribu bulan

Pada bulan Ramadan, ada satu malam dengan kelebihan beramal didalamnya lebih bagus dibanding seribu bulan di bulan yang lain, yakni malam Lailatul Qadr.

Karenanya, selainnya jalankan puasa, umat Islam disarankan kerjakan beribadah yang lain seperti membaca Al-Qur’an, melakukan zikir, perbanyak sholat sunah, sampai bersedekah.

6. Balasan surga

Kelebihan puasa Ramadhan untuk orang yang jalankan satu diantaranya ialah disiapkan pintu khusus yang namanya rayyan untuk masuk surga oleh Allah SWT.

7. Pahala umrah sama dengan haji

Orang yang melakukan puasa dan dia berumrah di bulan Ramadan, maka memperoleh pahala seperti lakukan haji.

Rasulullah SAW bersabda:

فَإِنَّ عُمْرَةَ فِيْ رَمَضَانَ حَجَّةٌ

Maknanya: Sebenarnya umrah pada bulan Ramadhan sama dengan pahala haji (HR Bukhari).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *